Rabu, 10 April 2013

Beberapa Cara untuk Mencapai Nirwana

  • Manusia wajib menjalankan Dharma, Artha, dan kama. Dharma berarti memenuhi kewajiban sebagai manusia, artha artinya menjalankan kewajiban sebagaimana mestinya, dan kama artinya tidak berlebihan merasakan kenikmatan duniawi.
  • Untuk Triwangsa, yang teridir atas Kaum Brahmana, Ksatria, dan Waisya, diwajibkan mempelajari kitab-kitab sudi weda, serta berbakti kepada gurunya. Setelah selesai dalam usia dewasa ia meningkat menjadi grahasta, artinya menjadi kepala keluarga. Ia diwajibkan menikah dan menjalankan tugas sebagai seorang kepala keluarga. Setelah mempunyai anak sebagai penggantinya dan ia telah tua, maka hidup yangb dijalani selanjutnya adalah sebagai vanaprashta, artinya menjadi penghuni hutan dan menjalankan hidup sebagai pariwrajaka artinya orang yang pergi atau hilang, ia hidup sebagai fakir yang menderita dan hanya makan atas pemberian orang. Penderitaan demikian dimaksudkan sebagai usaha peleburan dosa agar dapat masuk nirwana.
  • Dilakukan upacara keagamaan yang pada umumnya berupa upacara korban dan disebut dengan yajna upacara yajna dalam kehidupan manusia ada beberapa bagian yaitu yajna besar dan yajna kecil. Yajna besar seperti upacara penobatan raja, upacara menghormati buah yang pertama kali dipetik, upacara menyongsong datangnya suatu musim. Sedangkan yajna kecil diselenggarakan di rumah seperti sembahyang setiap hari, kelahiran anak, cukur rambut dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar